Pusat Oleh-Oleh Paling Populer di Yogyakarta

Banyak hal-hal yang yang bisa didapatkan di Yogyakarta salah satunya adalah soal oleh-oleh. Para wisatawan pada umumnya tidak pernah lupa untuk singgah dan membeli oleh-oleh bagi keluarga di rumah atau untuk rekan kerja. Di Yogyakarta terdapat beberapa tempat yang menjadi pusat pembelian oleh-oleh baik berupa souvenir maupun makanan. Tempat-tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berburu barang-barang murah yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut pusat oleh-oleh yang paling populer yang ada di Yogyakarta:

  1. Hamzah Batik

Hamzah Batik yang dulunya terkenal dengan nama Mirota Batik terkenal sebagai salah satu tempat untuk berburu oleh-oleh khas Yogyakarta. Di tempat ini wisatawan bisa membeli barang-barang yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Oleh sebab itu Hamzah Batik selalu dipenuhi oleh para wisatawan baik domestik maupun internasional. Lokasinya toko ini juga sangat strategis yaitu di dalam kawasan Jl. Malioboro. Sehingga wisatawan bisa singgah ke toko ini saat berjalan-jalan di Malioboro. Di dalam toko terdapat berbagai macam barang, di lantai pertama bisa ditemui berbagai macam pakaian dengan motif batik. Selain itu terdapat obat-obatan herbal berupa jamu dan juga berbagai macam kaos atau busana khas Yogyakarta. Di lantai dua terdapat banyak souvenir khas Yogyakarta seperti tempat tisu, asbak, tempat alat-alat tulis, vas bunga, guci, blangkon, bahkan terdapat patung untuk hiasan rumah serta sepeda kuno di lantai ini.

  1. Kawasan Pathuk

Pathuk merupakan pusat bakpia yang ada di Yogyakarta. Di sinilah awal mula berkembangnya industri makanan khas ala Yogyakarta ini. Berbagai macam toko bakpia dengan beraneka macam merek ada di sini mulai dari Bakpia 25, Bakpia 75, hingga bakpia-bakpia lainnya. Setiap harinya makanan ringan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung ini selalu diburu oleh para wisatawan yang ingin membawa bakpia untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Saat ini berbagai macam pilihan bakpia bisa didapatkan seperti kumbu hitam, coklat, keju, nanas, duren, coklat kacang, dan berbagai macam rasa lainnya. Oleh sebab itu tidak salah jika kawasan ini selalu dipenuhi banyak wisatawan yang ingin membeli makanan khas Yogyakarta ini.

  1. Pasar Beringharjo

Pasar tradisional ini merupakan pusat dari semua benda produksi yang ada di Yogyakarta. Di pasar ini berbagai macam benda diperjualbelikan dari pernak-pernikĀ sederhana hingga yang rumit. Beringharjo selalu dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari berbagai macam daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri. Beraneka macam batik juga bisa didapatkan di sini, kaos dan tas khusus Yogyakarta juga dijual di pasar ini, selain itu berbagai macam pernak-pernik juga ada di pasar tertua di Yogyakarta.

Demikian penjelasan mengenai kawasan belanja paling populer di Yogyakarta. Masih banyak tempat-tempat populer lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua saat berbelanja di kala berlibur di Yogyakarta. Bagi wisatawan yang datang dengan rombongan besar bisa rental bus wisata di Jogja.