Hispanik dan penyakit ginjal

Orang Hispanik berisiko lebih besar terkena penyakit ginjal dan gagal ginjal dibandingkan orang kulit putih Amerika. Faktanya, orang Hispanik 1½ kali lebih mungkin mengalami gagal ginjal dibandingkan dengan orang Amerika lainnya. Pada tahun 2010, 13% pasien gagal ginjal baru Hispanik.
Periset tidak sepenuhnya mengerti mengapa orang Hispanik berisiko tinggi terkena penyakit ginjal. Namun, 10% orang Amerika Hispanik menderita diabetes, yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Tekanan darah tinggi, diet, obesitas, dan akses terhadap perawatan kesehatan juga bisa berperan.

Apa itu penyakit ginjal?

Ginjal yang sehat memiliki banyak pekerjaan penting. Mereka membuang produk limbah dan air ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap sehat dan membantu mengendalikan tekanan darah. Bila Anda menderita penyakit ginjal, kerusakan ginjal membuat ginjal tidak melakukan pekerjaan penting seperti seharusnya. Kerusakan ginjal mungkin karena cedera fisik atau penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda menderita penyakit ginjal, Anda mungkin perlu minum obat-obatan, membatasi garam dan makanan tertentu dalam makanan Anda, berolahraga secara teratur, dan banyak lagi.
Menemukan dan merawat penyakit ginjal Anda lebih awal dapat membantu memperlambat atau bahkan menghentikan penyakit ginjal agar tidak bertambah parah. Tapi jika penyakit ginjal Anda memburuk, bisa menyebabkan gagal ginjal. Jika ginjal Anda gagal, Anda memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal agar tetap hidup.

Ada yang bisa terkena penyakit ginjal?

Iya nih. Siapapun bisa terkena penyakit ginjal pada usia berapapun. Tetapi beberapa orang lebih mungkin daripada yang lain untuk mendapatkannya, termasuk orang Hispanik. Kemungkinan Anda terkena penyakit ginjal lebih besar jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga penyakit ginjal kronis, obesitas, atau 60 tahun atau lebih. Menjadi Hispanik juga berarti Anda memiliki risiko lebih besar. Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda terkena penyakit ginjal. 

sakit buah pinggang


Mengapa Hispanik berisiko lebih besar terkena penyakit ginjal?

Orang Hispanik hampir dua kali lebih mungkin menderita diabetes seperti orang kulit putih Amerika; Sebenarnya 10% orang Amerika Hispanik menderita diabetes. Pada diabetes Hispanik yang lebih tua bahkan lebih umum lagi – sekitar 1 dari 4 orang Hispanik berusia di atas 45 tahun menderita diabetes. Mengalami diabetes dapat menyebabkan penyakit ginjal dan gagal ginjal, dan diabetes menyebabkan kegagalan ginjal lebih sering terjadi pada orang Hispanik daripada orang kulit putih Amerika.
Tekanan darah tinggi juga merupakan masalah serius bagi kaum Hispanik. Hampir 1 dari 4 orang Hispanik memiliki tekanan darah tinggi dan tidak mengenali hubungan antara tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

Bagaimana akses terhadap perawatan kesehatan berperan?

Orang Hispanik mungkin memiliki sedikit akses terhadap perawatan kesehatan daripada orang Amerika lainnya. Misalnya, hampir 2 dari 5 orang Hispanik tidak diasuransikan. Banyak orang Hispanik bahkan tidak tahu bahwa mereka menderita penyakit ginjal sampai tahap terakhir. Pada saat itu sudah terlambat untuk memperlambat atau menghentikan kerusakan ginjal agar tidak bertambah parah.

Apa yang harus dilakukan?

Tidak semua orang Hispanik akan terkena penyakit ginjal. Dan tidak semua orang yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, usia lebih tua, atau riwayat keluarga penyakit ginjal akan mendapatkannya. Tapi jika Anda memiliki faktor risiko berikut, Anda harus:

  • Teruji untuk penyakit ginjal. Ada dua tes sederhana untuk penyakit ginjal:
  • Pemeriksaan urine sederhana memeriksa apakah Anda memiliki protein dalam urin Anda. Tubuh Anda membutuhkan protein. Tapi seharusnya di dalam darah, bukan urin. Memiliki sejumlah kecil protein dalam urin Anda mungkin berarti ginjal Anda tidak menyaring darah Anda dengan cukup baik. Ini bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal.
  • Tes darah sederhana untuk GFR, yang merupakan singkatan dari laju filtrasi glomerulus. Nomor GFR Anda memberitahu Anda seberapa baik ginjal Anda bekerja. Laboratorium memperkirakan GFR Anda menggunakan tes darah sederhana yang disebut kreatinin (produk limbah), seiring dengan usia, ras, dan jenis kelamin Anda.
  • Teruji diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Jika Anda tidak tahu apakah Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung, penting bagi Anda untuk mengetahuinya.
  • Hidupkan gaya hidup sehat. Pastikan untuk berolahraga, makan makanan yang sehat, menurunkan berat badan jika perlu, hindari merokok, dan batasi alkohol. Gaya hidup sehat bisa membuat Anda tidak terkena penyakit ginjal, dan ini juga bisa membantu memperlambat atau menghentikan penyakit ginjal agar tidak bertambah parah.