Kandungan senyawa dan manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan rambut dan kulit. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun dengan nama latin Olea europaea bisa digunakan dengan mengkonsumsinya secara langsung maupun penggunaan luar tubuh. Semua manfaat yang didapat dari minyak zaitun tidak terlepas dari peran senyawa yang terkandung di dalamnya.

Minyak zaitun mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh, energi, omega 3, omega 6, vitamin E dan vitamin K. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menutrisi kulit. minyak zaitun juga mengandung senyawa squalene, zat besi, kalsium, potasium dan polifenol. Dengan berbagai senyawa tersebut, tak heran bila minyak zaitun memiliki segudang manfaat. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun yang wajib kamu ketahui.

1. Sebagai Anti Inflamasi

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dan mencegah peradangan. Manfaat tersebut bisa diperoleh baik dengan mengkonsumsinya langsung maupun mengoleskannya pada bagian tubuh yang sakit.

2. Menormalkan Tekanan Darah

Minyak zaitun dapat menjaga tekanan darah tetap normal, dengan cara melancarkan peredaran darah dan menghilangkan plak di pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit. Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan mencegah kita terkena penyakit tekanan darah tinggi.

3. Melembabkan Kulit

Kulit memang perlu perawatan setiap hari agar tetap sehat, cerah dan lembut. Tentu saja kulit harus tetap dalam keadaan lembab, karena kalau kering akan menyebabkan gangguan lain pada kulit. minyak zaitun yang kaya vitamin E dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tetap sehat.

4. Melebatkan Rambut

Ternyata minyak zaitun juga dapat menyuburkan dan melebatkan rambut. Hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara rutin, maka rambut akan terlihat lebih bervolume. Lakukan pemijatan ringan saat mengaplikasikannya agar pikiran menjadi lebih rileks.

5. Mencegah Kolesterol

Kolesterol sering dialami oleh orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak, berminyak dan bersantan. Makanan-makanan tersebut mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat, yang pada akhirnya akan menumpuk di tubuh dan pembuluh darah. Untuk mengatasinya, konsumsi minyak zaitun secara rutin karena minyak zaitun mengandung lemak dan koleterol baik.

Demikian artikel mengenai kandungan senyawa dan manfaat dari minyak zaitun. Dengan mengenal minyak zaitun lebih dekat kita akan semakin mengerti kegunaannya dalam berbagai bidang. Semoga bermanfaat.

Sumber : manfaatsehat