Identifikasi Penyebab Plak untuk Memudahkan Cara Menghilangkan Karang Gigi atau Plak

Sebelum Anda melakukan cara menghilangkan karang gigi atau plak lebih baik jika Anda mengetahui apa saja penyebab plak. Karang gigi bisa terbentuk jika Anda tidak tahu penyebabnya. Penting memang menjaga kesehtan gigi. Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan pencegahan karang gigi dan menghilangkan karang yang sudah ada. Bila Anda bisa mencegah timbulnya plak kenpa harus membiarkan berbagai faktor munculnya plak. Berbagai penyebab karang gigi lebih mudah dihindari jika Anda mengetahui secara detailnya. Jangan berhenti membaca sampai di sini sebelum Anda menemukan info pentingnya.

Cara menghilangkan karang gigi atau plak meliputi banyak cara. Namun, sebelum membahas cara menghilangkan identifikasi dulu penyebab timbulnya karang gigi. Identifikasi penyebab plak akan memudahkan cara menghilangkan karang gigi. Inilah berbagi penyebab karang gigi yang perlu Anda ketahui.

  1. Tidak rutin dalam menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.
  2. Kurang bersih selama menggosok gigi sehingga sisa-sisa makan masih ada di sela-sela gigi.
  3. Terlalu sering makan-makanan yang manis. Makanan manis sangat mudah menimbulkan karang gigi. Sebaiknya Anda kurangi mengkonsumsi kismis, cokelat, permen, kue tart dan makanan manis yang mudah lengket di gigi. Bila makanan tersebut lengket di gigi maka sangat mudah terbentuknya plak.
  4. Tidak rajin berkumur dengan air bersih maupun obat kumur.

Ternayat  berkumur penting dan jangan dianggap hal yang sepele. Berkumur sangat efektif untuk menghilangkan sia-sisa makanan pada gigi. Sebaiknya Anda biasakan berkumur setelah makan.

  1. Kebiasaan merokok.

Bagi para perokok perlu tahu info ini. Kalau Anda perokok berat, sudah pasti lebih mudah adanya plak gigi. Karena Tembakau dan asap rokok dapat menyebabkan karang gigi dan gigi kekuningan.

Bila Anda memiliki karang gigi sebaiknya lakukan cara menghilangkan karang gigi atau plak dengan benar. Berdasarkan uraian di atas Anda dapat menghindari dan mengurangi penyebab timbulnya karang gigi. Selain itu, bila gigi Anda muncul plak gigi maka sebaiknya Anda menggosok gigi secara teratur, berkumur secara rutin bila perlu menggunakn obat kumur, dan bisa mengurangi makanan manis-manis. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.