Ciri Ciri Musik Dangdut Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Tentunya Anda telah mengetahui apa itu musik dangdut. Biasanya dengan mendengarnya sekilas saja, orang sudah langsung dapat mengenali bahwa musik yang sedang didengar tersebut merupakan musik dangdut. Bagaimanakah Anda mengetahui bahwa musik tersebut musik dangdut? Berikut ini adalah beberapa ciri ciri musik dangdut yang perlu anda ketahui.

Ciri Ciri Musik Dangdut

Salah satu yang menjadi ciri ciri musik dangdut yang paling utama adalah penggunaan alat musik pengiringnya. Pada musik jenis ini, alat musik akustik merupakan alat yang banyak digunakan. Contoh alat musik akustik antara lain adalah gendang dan suling. Dari kedua alat tersebut yang paling memberikan warna adalah gendang. Bunyi gendang menghasilkan suara yang unik yaitu dang dan dut secara silih berganti. Sehingga nama Dangdut pun diambil dari nada tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, alat yang digunakan pada musik dangdut juga mulai beragam dan modern. Mulai dari penggunaan biola, gitar hingga piano.

Ciri lain yang dimiliki oleh musik dangdut adalah terletak pada liriknya. Lirik lagu dangdut pada umumnya sangat mudah dicerna. Tidak seperti jenis musik lainya yang terkesan berat dan memerlukan pemahanan lebih banyak untuk mencernanya. Lirik lagu populer yang ada di genre dangdut pada umumnya mengusung tema percintaan, namun terkadang pula mengandung tema sosial, hingga agama.

Ciri lain yang dimiliki oleh musik dangdut adalah iramanya. Pada dasarnya musik dangdut berakar dari musik melayu yang bersifat merdu dan mendayu-dayu. Sehingga secara umum struktur musik dangdut terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu senandung yang memiliki nada yang sangat lambat, bagian berikutnya adalah lagu dua yang memiliki irama yang agak cepat, serta bagian yang ketiga adalah bagian makinang. Bagian ini memiliki irama yang lebih cepat bila dibandingkan dengan dua bagian yang lain.

Ciri khas lain yang sangat mendominasi musik dangdut adalah cengkok saat melantunkan lagu. Cengkok tersebut sangatlah khusus sehingga agak sulit untuk dilakukan terutama jika Anda bukanlah seorang musisi dangdut. Namun cengkok inilah yang menjadikan musik dangdut memiliki warna yang khas.

Ciri lain yang dimiliki oleh musik dangdut adalah terletak pada strukturnya. Struktur musik dangdut biasanya memiliki delapan birama dengan ketukan 4/4. Dangdut sangat kaya akan irama dan nada namun sangat sulit untuk keluar dari pakem struktur lagunya yang 4/4.

Itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh musik dangdut. Semua keunikan tersebut menjadikan musik dangdut menjadi sebuah musik yng unik dan yang terpenting menjadi salah satu musik khas yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Musik dangdut Indonesia juga sangat terbuka akan kolaborasi dengan berbagai jenis musik lain yang berasal dari dalam negeri sepert keroncong dan gambang ataupun dari luar negeri seperti Arab dan India.